<<< TRIBRATA... KAMI POLISI INDONESIA : 1.BERBAKTI KEPADA NUSA DAN BANGSA DENGAN PENUH KETAQWAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA 2.MENJUNJUNG TINGGI KEBENARAN KEADILAN DAN KEMANUSIAAN DALAM MENEGAKKAN HUKUM NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA YANG BERDASARKAN PANCASILA DAN UNDANG UNDANG DASAR 1945 3.SENANTIASA MELINDUNGI MENGAYOMI DAN MELAYANI MASYARAKAT DENGAN KEIKHLASAN UNTUK MEWUJUDKAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN >>>
Jumat, 21 April 2017 - 15:41:51 WIB
Sat Lantas Polres Langsa Implementasikan Penerapan E Tilang
Diposting oleh : Hendra Alfandi
Kategori: POLRES LANGSA - Dibaca: 80 kali

Tribratanewslangsa.com – Polres Langsa Aceh, Melaksanakan Implementasi penerapan E –Tilang, di jalan A.Yani, Kota Langsa, Jumat, (21-04-2017)

Sistem E tilang ini diharapkan menjadi solusi bagi masyarakat yang selama ini mengeluh karena banyak tersita waktunya saat melakukan pembayaran tilang, akibat birokrasi yang lama.

Kasat Lantas Polres Langsa Akp Vifa Fibriana Sari,Sik, menjelaskan proses E Tilang sendiri, untuk mempermudah pengambilan barang bukti dari petugas kepolisian sekaligus pencegahan terjadinya suap dilapangan.

Dengan sistem membayar via ATM atau membayar tunai di Bank BRI, pelanggar bisa langsung mengambil barang bukti seperti STNK atau SIM yang telah disita petugas kepolisian yang menindak dilapangan

Proses E-Tilang lanjut Kasat Lantas, diawali dari petugas melakukan penindakan terhadap pelanggar yang berkaitan dengan UULAJ no 22 tahun 2009.

Kemudian pelanggar diberikan tindakan secara tertulis melalui bukti surat tilang dan melalui sistem E tilang menggunakan handphone yang berbasis android. Setelah data pelanggar di isi oleh petugas maka akan muncul nomor Briva (nomor unik utk membayar denda di ATM). Pelanggar diberikan nomor pembayaran yang disebut briva untuk membayar denda ke Bank atau ATM terdekat.Setelah pembayaran denda selesai,  pelanggar membawa bukti pembayaran dari bank untuk mendatangi petugas penindak dilapangan untuk menukar barang bukti yang telah ditahan oleh petugas tersebut.

Petugas memberikan surat motor atau mobil yang ditahan, setelah mendapatkan informasi dari sistem E tilang bahwa pelanggar telah membayar denda tilang dan lembar tilang elektronik yang semula berwarna biru berbuah menjadi hijau. petugas lalu menukar barang bukti tersebut dengan menerima resi pembayaran,  baik ATM ataupun dari Bank.

Penulis    : Hendra

Editor      : FH Satria

Publish    : Agus




0 Komentar :